Program Bimbingan Tugas Akhir

Posted on Posted in Belajar Mikrokontroler, Belajar Robotika

Sejak tahun 2010, Padepokan NEXT SYSTEM Bandung menyelenggarakan sebuah program khusus, Bimbingan Tugas Akhir, dengan pembatasan pada bidang mikrokontroler (embedded system, termasuk komunikasi data), aplikasi robotika dan teknologi informasi.

Program ini dikhususkan untuk peserta mahasiswa yang merasa perlu mendapatkan pembekalan / pengetahuan, pengalaman dan bimbingan; khususnya dalam rancang bangun proyek tugas akhir yang tengah dikerjakannya.

You can’t change your past, but you can create your future!

Dalam program ini, khusus untuk mereka yang mengambil topik berbasis mikrokontroler dan aplikasi robotika; mahasiswa akan mengikuti program pelatihan intensif selama beberapa hari, dengan fokus pada dasar-dasar mikrokontroler dan robotika. Bagian ini sangat penting untuk memberikan bekal pengetahuan dasar dan pengalaman awal kepada peserta sebelum memasuki tahapan berikutnya.

Selama pelatihan pembekalan, peserta akan berhadapan dengan sejumlah kegiatan praktik, untuk membumikan pengetahuan teori yang dipahaminya. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman praktis kepada peserta. Pengalaman inilah yang akan menjadi modal utama untuk mengerjakan dan menyelesaikan proyek tugas akhir, tahap demi tahap.

Program Bimbingan Tugas Akhir akan mengasah kemampuan dan kompetensi peserta, sehingga pada saatnya, mereka mampu menyelesaikan tugasnya secara mandiri dan tepat waktu.

Harus diakui, pengalaman praktik mahasiswa selama masa perkuliahan, sangat minim. Sehingga, ketika dihadapkan pada konteks proyek tugas akhir yang menuntut pengalaman untuk menyelesaikannya, perjalanan penyelesaian tugas akhir pun menjadi terkendala.

Setelah melalui proses pembekalan intensif, peserta akan memasuki tahapan bimbingan dan konsultasi. Pada tahapan ini, peserta wajib menyelesaikan tahapan-tahapan pengerjaan tugas akhirnya secara mandiri. Tim mentoring menempatkan diri sebagai supervisor sekaligus rekan diskusi. Demikian secara berkelanjutan, sampai dengan proyek selesai.

Dengan pengalaman yang dimiliki selama mengikuti program, diharapkan, peserta dapat menulis laporan dengan baik, dan menjalani proses ujian sidang dengan percaya diri.

Dalam program Bimbingan Tugas Akhir, NEXT SYSTEM tidak pernah dan tidak akan pernah membuatkan proyek untuk peserta; karena keberadaan program ini semata-mata untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman kepada peserta didik, sehingga yang bersangkutan dapat menyelesaikan proyeknya secara mandiri dan percaya diri.

Dalam program Bimbingan Tugas Akhir, program ekslusif dan mengusung semangat Merubah Pasir Menjadi Mutiara ini, kami membatasi jumlah peserta yang mengikutinya.

Your future starts from what you do TODAY, not tommorow!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, silahkan menghubungi kami melalui email: info@nextsys.web.id atau nextsystem.robotics@gmail.com

** Seluruh peralatan yang digunakan dalam proyek tugas akhir, disediakan dan disiapkan oleh peserta.