Belajar Robot Sejak Masih Kecil

Posted on Posted in Lego Mindstorms NXT Indonesia, Pelatihan Lego Mindstorms NXT, Pelatihan Robotika, Pemrograman Robot, Pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT

Kathleen dengan Robot AlpharexSaat ini, ada kecenderungan meningkatnya animo masyarakat terhadap pembelajaran robotika. Hal ini dipicu oleh berbagai tayangan atau berita seputar perkembangan robot itu sendiri, yang tampil dengan berbagai model dan bentuk yang friendly.

Di beberapa negara maju, Robotika sudah masuk dalam target kompetensi dasar – 4R : Reading, wRiting, aRithmetic, Robotic.

Belajar robot bukanlah sesuatu yang sulit, mengingat sejumlah vendor teknologi sudah menyediakan jalan pintas untuk mempelajari dan menguasainya dengan cukup mudah. Sebut saja Lego, perusahaan Denmark yang sejak dari awal fokus pada “mainan” anak, dengan produknya Lego Mindstorms NXT. Memang disebutkan, produk ini diperuntukkan bagi anak usia 8+ (8 tahun ke atas). Namun, kita tidak boleh mengartikannya secara harafiah. Penjelasan itu bisa diartikan sebagai alat bantu pembelajaran robot untuk pemula.

Jadi, bila kita, walaupun secara usia sudah dewasa, namun memiliki pemahaman yang masih minim mengenai robot, seperti halnya anak usia 8 tahun; jangan sungkan atau gengsi menggunakan produk ini sebagai alat pembelajaran.

Dalam kesaksian beberapa orang tua siswa, mereka menyebutkan, pada awalnya mereka membeli Lego Mindstorms NXT atas ketertarikan mereka dan bukan atas permintaan anak. Mereka berharap, setelah mereka memahaminya, mereka dapat menularkan ketertarikan tersebut dan mengajarkannya kepada anak.

Belajar robot dengan menggunakan building block seperti ini sangat menantang, mengingat bentuknya bisa dibuat sangat variatif sesuai dengan kreativitas. Yang pasti, ada sejumlah efek samping positif dari pembelajaran ini.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center mengadakan sejumlah program pelatihan robot untuk anak. Di tempat ini, setiap anak diperlakukan secara khusus sesuai dengan potensi yang dimilikinya, demi tumbuh kembang secara optimal. Maka dari itu, penyajian materi dalam satu kelas bisa jadi berbeda dengan kelas yang lain.

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut mengenai pembelajaran robotik untuk anak serta program pembelajaran inovatif lainnya, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Email: info@nextsys.web.id

“To create a world where science and technology are celebrated .. where young people dream of becoming science and technology heroes”