Lego Mindstorms NXT, Sebuah Revolusi!

Posted on Posted in Lego Mindstorms NXT Indonesia, Pelatihan Lego Mindstorms NXT, Pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT, Robot Lego Mindstorms, Robot Lego Mindstorms NXT

LEGO brick yang disebut NXT, memiliki prosesor kelas 32-bit. NXT yang merupakan jantung dari generasi terkini Lego Mindstorms, dirancang untuk peminat robotik tingkat pemula hingga mahir. Mikroprosesor NXT dapat diprogram untuk menampilkan pergerakan otomatis, melalui perangkat PC atau Macintosh.

Setelah membangun konstruksi sebuah robot, pengguna membuat sebuah program dengan software LabVIEW dari National Instruments, yang kaya fitur namun mudah dalam penggunaan. Kita dapat memprogram robot dan ber-interaksi secara aktif selama pemrograman. Sistem baru ini memiliki fitur yang lebih kaya, intuitif, dan icon-based drag drop.

Selain menggunakan kabel yang terhubung dengan port USB, program yang telah dibuat dapat pula di-transfer ke dalam NXT melalui Bluetooth. Teknologi bluetooth yang tertanam dalam NXT, juga memungkinkan pengendalian robot secara jarak jauh, sebagai contoh, menggunakan telepon seluler atau PDA.

Sebagai informasi tambahan bagi mereka yang baru pertama kali mengenal NXT Education Base, di dalam set standar termasuk tiga buah servo motor yang dilengkapi dengan sensor rotasi di dalamnya. Sebuah sensor ultrasonik yang memungkinkan robot untuk “melihat” penghalang dan mengukur jarak serta me-respons-nya dalam gerakan. Sebuah sensor suara yang memungkinkan robot untuk me-respons terhadap perintah berbentuk kuat lemahnya suara. Sebuah sensor cahaya yang mampu membedakan terang gelap dan warna (dalam bentuk gradasi abu-abu), serta dua buah sensor sentuh.

Pemrograman robot Lego Mindstorms NXT dapat dilakukan juga dengan Bahasa C, Bahasa Java, dan melalui Microsoft Robotics Studio.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami, NEXT SYSTEM Robotics Learning Centeruntuk mendapatkan Lego Mindstorms NXT Education Base Set, ber-konsultasi, dan mengikuti kelas pelatihan terkait.