News: Lego Mindstorms NXT Education in Action

Posted on Posted in Lego Mindstorms NXT Indonesia, Pelatihan Lego Mindstorms NXT, Pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT, Robot Lego Mindstorms NXT

SMKN 2 Bogor menampilkan robot berbasis Lego Mindstorms NXT Education yang di-support oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, pada acara EPITECH 3 yang diselenggarakan DikMenJur Provinsi Jawa Barat di Bandung, 20-22 November 2008.

Tampak dalam gambar, coach dan siswa dari SMKN 2 Bogor tengah menjelaskan prinsip dan cara kerja robot, serta memperagakannya  kepada sejumlah pejabat daerah yang mengunjungi booth mereka.

Robotik mengajarkan kepada siswa bagaimana menggunakan teori dan pengetahuan yang diperolehnya di kelas untuk aplikasi nyata / terapan. Saat dihadapkan pada persoalan matematika, di atas kertas mereka mampu mengerjakan dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan (learning math). Namun, kerap kali, siswa tidak mampu menggunakannya dalam menyelesaikan persoalan nyata sehari-hari (doing math).

Dalam tantangan pembelajaran terkini, siswa diharapkan mampu mengaplikasikan apa yang mereka peroleh di kelas. Bukan hanya sekedar mendapat nilai yang baik. Pembelajaran robotik mendukung perkembangan siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Pembelajaran science, techology, engineering dan math melalui bidang robotik diharapkan mampu meng-inspirasi siswa dan memberi keyakinan yang mantap bahwa apa yang mereka pelajari di sekolah, memang bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Tampak dalam gambar di samping, sejumlah siswa pengunjung terlihat sangat antusias dan rela berdesak-desakan, memperhatikan satu siswa SMKN 2 Bogor saat memperagakan konstruksi dan pemrograman Robot Pemukul Bola.

Dalam pameran pendidikan dan teknologi EPITECH 3, booth SMKN 2 Bogor terpilih sebagai booth terunik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai robotik dan pembelajaran robotik di sekolah, silahkan menghubungi kami, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, di nomor telepon (022) 4222062 atau email info@nextsys.web.id.