Pelatihan Raspberry Pi dan Aplikasi Mikrokontroler

Posted on Posted in Pelatihan Mikrokontroler, Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Raspberry Pi, Raspberry

Kelas Pemrograman Raspberry Pi dan Aplikasi Mikrokontroler menawarkan satu opsi kolaborasi dua dunia. Raspberry Pi, dengan prosesor ARM Cortex-A, tentunya tidak diragukan lagi dalam soal mengolah aplikasi processsor-intensive; sementara mikrokontroler, misalnya AVR, PIC atau ARM Cortex-M, yang sedari awal memang dibuat untuk machine-friendly, memberikan kontribusi dalam hal penanganan sensor dan kebutuhan I/O yang cepat. Kolaborasi keduanya akan memberikan solusi yang lengkap.

Raspberry Pi dan Mikrokontroler

Berikut adalah beberapa kelas yang diselenggarakan:

  • Fast Track to Raspberry Pi (3 hari)
  • Pemrograman Raspberry Pi dan Aplikasi Mikrokontroler (5 hari, opsi mikrokontroler: AVR, PIC atau ARM Cortex-M)
  • Raspberry Pi dan Aplikasi Mikrokontroler (3 hari, ada prasyarat)
  • Raspberry Pi dan Aplikasi Image Processing (3 hari, ada prasyarat)
  • Raspberry Pi dan Aplikasi Robotik (3 hari, ada prasyarat)
  • Raspberry Pi dan Aplikasi Internet of Things (5 hari)
  • Custom – topik ditentukan oleh peserta

Bagi mereka yang ingin berkenalan sekaligus mendalami platform Raspberry Pi, bisa mengikuti kelas Fast Track to Raspberry Pi. Di dalam kelas ini peserta akan mempelajari banyak hal, khususnya dalam konteks otomasi dan pengembangan aplikasi berbasis multithread dan komunikasi data memanfaatkan network socket. Pembelajaran akan fokus pada memberdayakan resources dan potensi yang dimiliki oleh Raspberry Pi, yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi yang serius.

Dalam kelas Pemrograman Raspberry Pi dan Aplikasi Mikrokontroler, peserta tidak sekedar diajak untuk bermain Raspberry Pi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, namun meng-eksplorasi banyak sisi terkait dengan antarmuka dengan divais lain, termasuk mikrokontroler; serta mengembangkan mikrokontroler sebagai partner. Kolaborasi Raspberry Pi dan Mikrokontroler akan memberikan solusi untuk dua dunia: komputasi dan input output.

Pembelajaran dimulai dengan mengenal Raspberry Pi dan lingkungan pemrogramannya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan. Dilanjutkan dengan mendalami General Purpose I/O, memrogram sejumlah periferal dan menggunakan fasilitas komunikasi data. Pada bagian berikutnya, peserta akan mempelajari konsep dan penerapan interupsi dalam sejumlah aplikasi dan tantangan. Di penghujung pertemuan, peserta akan diajak untuk mengenal dan mendalami konsep master slave, dengan melibatkan mikrokontroler sebagai partner. Pada slot ini, peserta akan memrogram di dua sisi: Raspberry Pi dan mikrokontroler (default: mikrokontroler AVR, opsi: Microchip PIC dan ARM Cortex-M).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas pelatihan Raspberry Pi, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jalan Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062 | 085100775874 | 082119977597 (sms only)

Email: info@nextsys.web.id