Robot Edukasi dan Kecerdasan Buatan di Institut Teknologi Nasional Bandung

Posted on Posted in Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, robot edukasi

Institut Teknologi Nasional BandungKecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, fuzzy logic, jaringan syaraf tiruan dan robotika (Sumber: Wikipedia).

Fakultas Teknik Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung menggunakan Robot Edukasi AVR yang dikembangkan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, sebagai sarana untuk mempraktekkan kecerdasan buatan yang telah dipelajari di kelas.

Robot Edukasi merupakan set robot yang sejak semula dirancang untuk kebutuhan pembelajaran robotik. Set standard sudah dilengkapi dengan sejumlah sensor (sensor cahaya, sensor garis, sensor suara, sensor sentuh dan sensor infrared modulated). Pada board disediakan sejumlah hacking ports untuk pengembangan lebih lanjut, baik berupa input analog, input/output digital maupun komunikasi secara I2C.

Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada Robot Edukasi AVR 🙂