Pelatihan Mikrokontroler dan Robotika

Posted on Posted in Aktivitas Robotik, Arduino, Belajar Mikrokontroler, belajar robot, Belajar Robotika, Bermain Mikrokontroler, Bermain Robotika, Lego Mindstorms NXT Indonesia, Mikrokontroler untuk anak, NS.One, Pelatihan Lego Mindstorms NXT, Pelatihan Mikrokontroler, Pelatihan mikrokontroler untuk anak, Pelatihan Robotika, Pemrograman Lego Mindstorms NXT dengan Bahasa C, Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, Pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT, robot edukasi, Robot Lego Mindstorms, Robot Lego Mindstorms NXT, seminar robotika, workshop robotik

NEXT SYSTEM Robotics Learning and Experience Center menyelenggarakan sejumlah program pelatihan intensif untuk pembelajaran mikrokontroler dan robotik. Saat ini, platform yang didukung adalah MCS-51 (8-bit), AVR (8-bit), PIC (8-bit), ARM Cortex (32-bit), MSP430 (16-bit), BASIC Stamp (8-bit) dan Lego Mindstorms NXT.

Kini, semua kalangan dari berbagai usia, gender dan latar belakang pendidikan, dapat mempelajari mikrokontroler dan robotik dengan cara yang asyik, mudah dan menyenangkan.

Untuk platform mikrokontroler ARM Cortex (32-bit) pemrograman dilakukan dengan Bahasa C. Untuk platform mikrokontroler MSP430 (16-bit) pemrograman dilakukan dengan Bahasa C.

Untuk platform mikrokontroler MCS-51 (AT89S51/52) terdapat pilihan pemrograman dengan Bahasa C, BASIC dan Pascal.

Untuk platform mikrokontroler AVR terdapat pilihan pemrograman dengan Bahasa C (termasuk Arduino), BASIC dan Pascal.

Untuk platform mikrokontroler PIC, terdapat pilihan pemrograman dengan Bahasa C, BASIC dan Pascal.

Untuk platform BASIC Stamp pemrograman dilakukan dengan Bahasa BASIC.

Untuk platform Robot Lego Mindstorms NXT terdapat pilihan pemrograman dengan NXT-G yang berbasis grafis, Bahasa C dan Java, serta Microsoft Robotics Studio.

Seluruh program pelatihan yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menekankan aspek penerapan berdasarkan prinsip learning by doing dan experiencial learning. Dalam latihan, tantangan maupun proyek yang dibahas di kelas, diangkat kasus-kasus yang kerap dijumpai di sekitar. Pembelajaran dimulai dengan dasar-dasar mikrokontroler, interfacing, prinsip-prinsip pemrograman mikrokontroler, serta sejumlah aplikasi dan tantangan.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan intensif selama 2-5 hari, peserta akan memiliki bekal dan cara pandang baru mengenai mikrokontroler serta mampu mengaplikasikannya dengan baik dan efisien, dengan memanfaatkan sejumlah fitur utama yang dimiliki mikrokontroler yang dipelajarinya.

Di akhir pelatihan, peserta akan mendapatkan development board dengan internal downloader berbasis USB, sebagai sarana berlatih selepas kelas pelatihan. Atau, dapat pula memilih membawa pulang set Robot Edukasi, sehingga dapat langsung berpraktek robot setelah kelas usai. Atau, dapat pula memilih opsi tanpa alat, sehingga peserta ditantang untuk membuatnya sendiri.

Seluruh subyek pelatihan mikrokontroler dan robotik yang kami selenggarakan dapat dilihat di bagian Pelatihan Mikrokontroler dan Robotik.

Kami pun menyelenggarakan sejumlah kelas khusus seperti: Robot Line Follower, Robot Line Follower dengan Kendali PID, Robot Maze Solver, Robot Transporter, Robot Prison Break, dan lain-lain.

Juga program pelatihan khusus, seperti: Robotic for Teachers, Robotic for Parents, Robotic for Families, dan lain-lain.

Kami pun menyelenggarakan program pelatihan khusus untuk kompetisi robotik. Dalam program ini, peserta akan mengembangkan robot dari nol, sesuai dengan target dari kompetisi yang akan diikutinya.

Bagaimana dengan kelas robotik untuk anak sekolah?

Untuk anak sekolah, SD s.d. SMA, kami menyelenggarakan program Robotic for Kids intensif. Program ini berlangsung setiap hari Sabtu. Program Robotic for Kids menggunakan platform robot Lego Mindstorms NXT Education untuk pemula, dan Robot Edukasi untuk tingkat lanjutan.

Dan bagi mereka yang ingin mengikuti program khusus untuk persiapan mengikuti kompetisi robotik, kami menyelenggarakan program Robotic for Olympiad.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas pelatihan yang diselenggarakan, jadwal dan pendaftaran, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning and Experience Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874 (Flexi), (022) 72293440 (SMS Only)

Email: info@nextsys.web.id atau nextsystem.robotics@gmail.com

Jadwal Pelatihan

Berikut adalah jadwal kelas pelatihan privat intensif reguler dan seminar / workshop yang akan dan sedang berjalan:

  • 06/02/13 – 08/02/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 13/02/13 – 15/02/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 20/02/13 – 22/02/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 27/02/13 – 01/03/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 06/03/13 – 08/03/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 13/03/13 – 15/03/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 20/03/13 – 22/03/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**
  • 26/03/13 – 28/03/13 : Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya**

Warna hijau dengan asteriks (**) menunjukkan jadwal dan subyek pelatihan masih tentative (bisa berubah). Warna hijau tanpa asteriks menunjukkan jadwal masih tentative namun subyek pelatihan sudah pasti. Warna biru menunjukkan kelas belum dimulai namun sudah ada peserta yang mendaftar, dan tempat masih tersediaWarna merah menunjukkan seluruh tempat sudah terisi dan pendaftaran sudah ditutup.

Seluruh kelas di atas berlangsung secara privat intensif dengan maksimal 4 (empat) peserta per kelas. Setiap harinya kelas berlangsung dari pk 09.30 – 15.30 wib.

Untuk permintaan jadwal atau topik khusus, silahkan menghubungi training@nextsys.web.id atau nextsystem.robotics@gmail.com.

Seminar / Workshop / Robotic Camp

Seminar dan Workshop adalah program pembelajaran yang kami selenggarakan untuk menjangkau massa yang lebih besar. Program ini biasanya digelar bersama dengan sekolah atau kampus.

Robotic Camp lebih dikhususkan untuk mempersiapkan tim robotik sekolah atau kampus,  untuk mengikuti kompetisi robotik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Seminar Mikrokontroler dan Robotik, Workshop Mikrokontroler dan Robotik, Kompetisi Robot serta Robotic Camp, silahkan menghubungi training@nextsys.web.id atau nextsystem.robotics@gmail.com.

Robot Edukasi Semakin Lengkap

Posted on Posted in robot edukasi

Robot Edukasi AVR Plus/2 - NEXT SYSTEM Robotics Learning CenterNEXT SYSTEM Robotics Learning Center me-release Robot Edukasi AVR dan Robot Edukasi  PIC versi peningkatan, yang merupakan release terbaru dari keluarga Robot Edukasi.

Robot Edukasi versi ini menyediakan dukungan sensor garis analog hingga 8 sel serta sejumlah fitur lainnya.

Set Robot Edukasi Standard sudah termasuk sensor garis (line sensor) yang terdiri dari 3 sel. Namun kami menyediakan line sensor 5 sel dan 7 sel sebagai pilihan. Dengan demikian, peminat aplikasi Line Following Robot, dapat memaksimalkan jumlah sensor tersebut untuk tantangan yang lebih kompleks, misalnya, aplikasi Line Following dengan PID atau tantangan Maze Solving.

Sensor standard 3 sel dapat ditempatkan di bagian tengah robot, sementara sensor yang lebih panjang (5 sel dan 7 sel) dapat ditempatkan di bagian depan.

Robot Edukasi AVR menggunakan prosesor dengan ruang program 16k dan 32k, serta dilengkapi dengan ekstra push button yang dapat difungsikan sebagai tombol start/stop, dan fasilitas untuk komunikasi secara I2C. Dengan demikian, aplikasi robotik yang dapat dikembangkan semakin luas dan komplek, mengingat cukup banyak sensor yang ber-komunikasi dengan protokol I2C.

Robot Edukasi PIC pun memiliki ekstra push button yang dapat difungsikan sebagai tombol start/stop,  dan tetap menggunakan prosesor PIC16 yang terbukti handal. Bila membutuhkan kinerja yang lebih tinggi, prosesor dapat diganti dengan PIC18 yang lebih gegas dan pin compatible.

Gearbox terpasang di-set dengan rasio 38:1, untuk memberikan kecepatan maksimum hingga 340 rpm pada beban total 200 gram.

Beberapa bagian rangkaian pun disempurnakan untuk mendapatkan stabilitas kerja yang lebih baik.

Robot Edukasi tersedia dalam beberapa pilihan: Robot Edukasi AVR Standard, Robot Edukasi AVR Plus, Robot Edukasi PIC Standard, Robot Edukasi PIC Plus dan Robot Edukasi Combo Plus.

Kami pun menyelenggarakan pelatihan mikrokontroler dan robotik  secara intensif, baik privat maupun publik. Daftar lengkap subyek pelatihan yang kami selenggarakan dapat dilihat di halaman pelatihan mikrokontroler dan robotik.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian set Robot Edukasi, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Motor DC dan Gearbox

Posted on Posted in Belajar Mikrokontroler, robot edukasi

Motor DC merupakan aktuator yang banyak digunakan dalam aplikasi robotik. Dalam penerapannya, dibutuhkan gearbox dengan gear ratio tertentu, agar robot dapat bergerak dengan nyaman dan bertenaga.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyediakan sejumlah pilihan motor DC yang telah dilengkapi dengan gearbox, dengan gear ratio yang dapat diatur, sehingga membangun sebuah robot menjadi mudah dan menyenangkan.

Double Gearbox 70168 Twin Motor Gearbox 70097Double Gearbox 88918

Motor dicatu dengan tegangan 3-6 Volt DC  dengan kecepatan putar sumbu 12300 rpm pada tegangan 3 Volt. Cocok untuk aplikasi robotik yang memerlukan kecepatan dan kekuatan.

Juga tersedia sejumlah pilihan roda yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan poros gearbox yang ada.

Selain seri di atas, kami pun menyediakan motor DC yang telah dilengkapi dengan gearbox – KR300, yang memberikan output 300 rpm dan torsi 2.4 kg.cm pada tegangan catu 6 Volt DC. Memiliki bentuk fisik dan dimensi seperti servo, sehingga cukup mudah untuk pemasangannya.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk ini, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Tank Style Chassis

Posted on Posted in robot edukasi

Tank-style chassis dibangun dengan menggunakan 70100 track wheel set, 70098 universal plate set dan 70097 twin-motor gearbox kit.

70097 twin-motor gearbox dihubungkan dengan dua buah motor DC @ 3 VDC / 12300 rpm yang memutar poros berbentuk heksagonal 3mm. Gear ratio dapat diatur, 58:1 untuk kecepatan tinggi atau 203:1 untuk kecepatan yang lebih rendah.

Tank Style Chassis dilengkapi dengan Twin Motor Gearbox

Chassis ini cocok untuk robot kecil yang membutuhkan traksi yang besar dan torsi yang kuat.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian Tank Style Chassis, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Embrio Robotik di SMPN 7 RSBI Kota Tegal

Posted on Posted in Belajar Mikrokontroler, robot edukasi

Di tengah maraknya sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan program pembelajaran robotik, SMPN 7 RSBI Kota Tegal melakukan langkah yang tepat untuk menjadi pionir, dengan memilih Robot Edukasi AVR Plus sebagai platform pembelajaran dan mengutus sejumlah SDM untuk mengikuti program Robotic for Teacher di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Setelah mengikuti camp selama tiga hari penuh, kini, mereka memiliki paradigma baru dalam pembelajaran robotik.

Robot Edukasi adalah robot untuk pembelajaran robotik yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, untuk dunia pendidikan Indonesia. Sementara program Robotic for Teacher adalah program pembekalan robotik yang dikhususkan untuk pengajar.

Kiranya, benih yang telah ditanam dapat bertumbuh dengan baik dan SMP Negeri 7 Tegal RSBI dapat menjadi yang terdepan dalam pembelajaran robotik di kota Tegal dan sekitarnya.

Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan.

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Motor DC dengan Metal Gear

Posted on Posted in Bermain Mikrokontroler, Bermain Robotika, robot edukasi

Motor DC merupakan aktuator yang paling banyak digunakan dalam aplikasi robotik. Apakah Anda tengah mencari motor DC yang memiliki kemampuan prima untuk aplikasi robotik?

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyediakan satu seri motor DC yang telah dilengkapi dengan metal gear, sehingga dapat memberikan kualitas putaran yang lebih baik dan handal. Kemasannya menggunakan casing servo sehingga memudahkan pemasangannya dalam berbagai platform.

Tersedia dalam dua model yang masing-masing memberikan output 300 rpm / 5.2 kg.cm (gear resin dan gear metal) dan 650 rpm / 900 gr.cm (gear metal) pada catu 6 VDC, dengan berat rata-rata 48 gram. Bentuk poros segi enam.

Motor ini sangat cocok untuk aplikasi line tracer, yang memerlukan kecepatan yang tinggi namun stabil, serta aplikasi lain yang memerlukan torsi yang cukup besar.

Robot kompetisi Maze PRO menggunakan motor seri ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai motor DC dengan metal gear, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Robot Edukasi dan Kecerdasan Buatan di Institut Teknologi Nasional Bandung

Posted on Posted in Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, robot edukasi

Institut Teknologi Nasional BandungKecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, fuzzy logic, jaringan syaraf tiruan dan robotika (Sumber: Wikipedia).

Fakultas Teknik Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung menggunakan Robot Edukasi AVR yang dikembangkan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, sebagai sarana untuk mempraktekkan kecerdasan buatan yang telah dipelajari di kelas.

Robot Edukasi merupakan set robot yang sejak semula dirancang untuk kebutuhan pembelajaran robotik. Set standard sudah dilengkapi dengan sejumlah sensor (sensor cahaya, sensor garis, sensor suara, sensor sentuh dan sensor infrared modulated). Pada board disediakan sejumlah hacking ports untuk pengembangan lebih lanjut, baik berupa input analog, input/output digital maupun komunikasi secara I2C.

Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada Robot Edukasi AVR 🙂

Embrio Program Robotik di Sekolah Tinggi Teknik PLN

Posted on Posted in robot edukasi

Sekolah Tinggi Teknik PLN JakartaSekolah Tinggi Teknik PLN yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero), yang berlokasi di Menara PLN, Lingkar Luar Barat Jakarta, khususnya Laboratorium Elektronika Industri, mulai melangkah ke ranah robotik dan menggunakan Robot Edukasi yang dikembangkan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, sebagai platform pembelajaran robotik.

Robot cerdas merupakan salah satu target yang dibidik dalam pembelajaran robotik di STT PLN, dan Robot Edukasi yang berbasis prosesor AVR dan PIC serta dilengkapi dengan sejumlah sensor (default), dapat menjawab tantangan tersebut.

Dengan Robot Edukasi, pembelajaran robotik menjadi menyenangkan dan penuh tantangan, terlebih dengan kehadiran kompetisi robotik yang dapat mendongkrak adrenalin pesertanya 🙂

Kiranya, embrio pembelajaran robotik di STT-PLN, yang berdiri sejak tahun 1998 dan saat ini dipimpin oleh Bapak Ir. Djiteng Marsudi – yang di era 90-an pernah memimpin PT. PLN, dapat bertumbuh kembang sesuai dengan harapan sekolah; dan seluruh pembelajar robotik di dalamnya, dapat menikmati dan mengalami pembelajaran robotik yang menyenangkan dan seru.

Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Robot Edukasi: Teman Belajar Anak

Posted on Posted in Bermain Robotika, Liputan Media, Pelatihan Robotika, Pemberitaan Media, Pemrograman Robot, robot edukasi

CHIP 11/2009 – Brand “Robot Edukasi” dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center. Sejak robotika menjadi tren di kalangan anak-anak dan sekolah, kebutuhan akan perangkat robot meningkat. Sayangnya, pasar perangkat robotika diisi oleh produk-produk impor berharga mahal. Robot ini lalu dikembangkan agar anak-anak dan sekolah berbujet yang terbatas juga bisa mencicipi asyiknya merakit dan memprogram robot.

“Sesuai namanya, robot ini memang ditujukan untuk pembelajaran robotika,” kata Christianto. Robot ini mulai diperkenalkan pada awal 2008 dan memiliki beberapa varian. Tiap varian dijual dalam satu set – ada yang sudah terakit, ada yang masih terurai komponennya. Saat ini, Robot Edukasi telah di-distribusikan di Aceh hingga Makassar.

Paket Robot Edukasi sudah disertai dengan program yang dapat di-install sendiri oleh penggunanya. Pemrogramannya menggunakan bahasa familiar, seperti BASIC, C dan Pascal, serta mendukung sistem operasi Windows, Linux dan Macintosh.

Robot Edukasi tampil dalam rupa mobile robot (robot beroda). Menurut Christianto, mobile robot adalah yang paling mudah dibangun dan dipelajari. Selain itu, banyak aplikasi robot bisa dikembangkan dari mobile robot. Contohnya, line following robot (penjejak garis), light seeking robot (pencari sumber cahaya), obstacle avoidance (yang bisa menghindari penghalang), remote controlled robot dan sound activated robot.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Robot Edukasi, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Kelas Mikrokontroler dan Robotik Khusus Mahasiswa dan Pelajar

Posted on Posted in Belajar Mikrokontroler, belajar robot, Bermain Mikrokontroler, Bermain Robotika, Pelatihan Mikrokontroler, Pelatihan Robotika, Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, robot edukasi

2students3Di bulan Oktober 2009, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center membuka kelas baru khusus untuk mahasiswa dan pelajar. Ini merupakan program kedua yang dikhususkan untuk mahasiswa dan pelajar.

Dibanding kelas privat intensif yang selama ini berlangsung, tidak ada perbedaan dalam hal materi pembelajaran. Yang berbeda hanyalah waktu pelaksanaannya yang satu kali seminggu, agar tidak bentrok dengan waktu kuliah atau waktu sekolah. Terdapat dua pilihan durasi pelatihan : full day (pk. 09.30-15.30) dan half day (pk. 14.00-17.00).

Kedua, agar materi lebih menjangkar, peserta akan diberi sejumlah tugas yang harus selesai sebelum pertemuan berikutnya.

Seperti kelas pelatihan yang lain, peserta akan mendapat development board beserta dengan perlengkapannya, yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas yang diberikan, atau mendapatkan set Robot Edukasi (opsional, khusus opsi kelas robotik).

Berikut adalah sejumlah kelas yang dapat diikuti mulai Oktober 2009:

  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa C dan Aplikasinya dalam Robotik
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa BASIC dan Aplikasinya dalam Robotik
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa C (Arduino) dan Aplikasinya dalam Robotik
  • Pemrograman Mikrokontroler PIC dengan Bahasa C dan Aplikasinya dalam Robotik
  • Pemrograman Mikrokontroler PIC dengan Bahasa BASIC dan Aplikasinya dalam Robotik

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id